loading...

5/20/2009

STABILIZER(AUTO VOLTAGE REGULATOR



Sering kita melihat lampu di rumah kita sering berkedip,kadang-kadang redup dan kadang- kadang terang,itu tandanya listrik di rumah kita mengalami turun tegangan,normalnya tegangan listrik adalah 220 volt,apabila lampu sering berkedip berarti tegangan kurang dari 220 volt.
Ada beberapa hal, yang mempengaruhi tegangan menjadi droup/turun tegangan,
Pertama,Mungkin sambungan instalasi listrik kita,di panel maupun di titik sambung kendor.
Yang kedua tegangan dari jaringan PLN yang kurang baik untuk jaringan yang dari PLN banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya spaning droup/turunya tegangan listrik ialah
1.ada sambungan dari penampang/JTR yang kendor,biasa di titik sambung join slave(js)pada penampang JTR atau pada sambungan penampang JTR dan SR(sambungan rumah).
2.graunding/netral jaringan PLN kurang bagus.
3.travo sudah over load/pemakaian sudah melewati kapasitas trafo di gardu PLN.
Solusi untuk mengatasi tegangan turun/spaning droup ialah,pertama periksa semua titik sambung instalasi listrik maupun panel listrik,buat grounding sendiri untuk instalasi listrik di rumah kita.dan gabungkan antara netral dari instalasi listrik dengan grounding yang kita buat,dengan catatan untuk fuse tidak menggunakan ELCB.
Bilamana cara itu belum berhasil,alternatif lainya adalah memasangkan stabilizer.
Stabilizer adalah penyetabil tegangan listrik,apabila tegangan dari PLN kurang dari 220,maka stabilizer akan menyetabilkan menjadi 220 dan juga sebaliknya apabila tegangan dari PLN lebih dari 220 volt maka stabilizer akan menyetabilkan menjadi 220 volt.
Cara pemasangan stabilizer:
Sambungkan kabel dari kwh PLN ke infut stabilizer dan output stabilizer di sambungkan ke panel distribusi.


cara gampang nyari duit daftar gratis disini
atau daftardisini
bisa jugaklik disini

1 komentar:

tinggalkan pesan di sini