loading...

5/26/2009

MCB PADA KWH METER PLN




Menanggapi beberapa keluhan dari teman-teman,yang mengatakan bahwa mcb pln/atau pembatas pada Kwh meter yang kurang dari ukuran yang tertulis,di sini saya akan sedikit mengupas tentang masalah ini,mcb keluaran pln sudah melalui tes di lab-nya pln jadi sangat kecil sekali kemungkinannya kalau kapasitas mcb kurang dari daya/ukuran yang di anjurkan.
Kerusakan mcb bisa saja terjadi karna beberapa hal:
1.karna sudah aus atau termakan usia
2.mcb sering trip/terputus karna adanya konsleting listrik atau kelebihan beban.
Mengenai beberapa keluhan di atas saya akan gambarkan seperti ini,
Satu rumah menggunakan listrik dari PLN dengan daya 900 volt ampere/4 ampere,sedangkan pemakaiannya di rumah tersebut menurut hitungan dari beberapa alat yang terpakai kurang dari 900 volt ampere tapi mcb pada pembatas Kwh sudah tripp/terputus karna kelebihan beban.jadi begini biasanya sebuah alat,misalnya lampu TL tertulis dengan daya/watt 36 watt tapi pada kenyataanya lampu TL tersebut lebih dari 36 watt,itu belum termasuk alat-alat lain seperti pompa air,kulkas dan lain sebagainya.
Yang kedua karna adanya sambungan kabel yang tidak di bungkus secara baik,apabila arus positip(+) menyentuh tembok atau apapun yang berhubungan dengan grounding maka akan terjadi pembuangan arus listrik yang sangat besar.
Yang ketiga karna pengaruh kabel pada instalasi listrik,kabel yang terlalu kecil atau kabel serabut bisa menjadi hambatan yang cukup besar sehingga cukup banyak membuang arus listrik.
Jadi kesimpulannya adalah mcb pada pembatas untuk kwh meter yang dari PLN,sangat kecil kemungkinannya kalau kurang dari daya/ukuran yang tertulis pada mcb tersebut.

downlad gratis korupsi pada konektorisasi di PLN Batam klik di sini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan di sini